Rabu, 13 Oktober 2010

Posting Pertamaku

Awalnya saya sangat tertarik membuat blog, karena saya mengetahui dengan membuat blog bisa mendatangkan keuntungan. Namun setelah saya melihat teman-teman saya yang mengedit blog mereka saya pun jadi berpikir ulang untuk membuat blog, karena saat itu saya lihat membuat dan mengedit blog sangat rumit menurut saya. Dan suatu ketika, saya ada masalah dengan pacar saya, account facebook saya sudah saya nonaktifkan, sehingga saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan, jika bermain game online koneksi internet yang saya gunakan tidak cukup kuat, sehingga akhirnya saya benar-benar berniat kembali untuk belajar membuat blog. Inilah awal sejarah saya membuat blog.
Ternyata setelah dipelajari dan melihat berbagai tutorial, membuat blog itu sangat mudah. Bagi kawan-kawan yang belum mempunyai blog dan berniat belajar membuat blog saya akan membagikan ilmu yang saya dapat mengenai pembuatan blog.

Berikut langkah-langkah pembuatan blog dengan blogger.com :

Langkah 1 : mendaftar di Google
membuat email di www.gmail.com, hal ini merupakan syarat untuk login di www.blogger.com. setelah memiliki email di gmail.com, tinggal login di blogger.com menggunakan email dan password gmail yang dimiliki.

Langkah 2 : menciptakan Blog

sebelum anda menciptakan blog anda, pilihlah terlebih dahulu bahasa yang ingin anda gunakan yang berada di pojok kanan atas. kemudian setelah anda login klik tulisan BUAT BLOG.

Photobucket


Langkah 3 : mendaftar Blog

setelah mengklik tulisan BUAT BLOG, maka akan muncul formulir yang harus dilengkapi datanya, jika sudah dilengkapi kemudian tandai "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa telah setuju. pastikan anda telah membaca persyaratan dan layanan tersebut sebelumnya sebelumnya. setelah dilengkapi klik tanda panah yang bertuliskan Lanjutkan.

Photobucket


Langkah 4 : memberi nama Blog

setelah berhasil pada langkah 3, maka anda akan memulai memberi nama blog anda dengan mengisi nama dan alamat blog anda. biasanya orang pertama kali membuat blog akan memberi nama blog mereka dengan nama yang familiar dengan mereka, seperti nama sendiri, musik, game, dan yang lainnya.

Photobucket


Langkah 5 : memilih Blog Template
pada Blog Template anda bisa memilih tema sesuai dengan selera pada blog anda. jika tidak ada yang sesuai selera anda bisa memilih template gratis yang ada di beberapa situs. anda tinggal searching di google mencari situs yang memberikan template gratis.
setelah anda memilih template klik tanda panah yang bertuliskan Lanjutkan.

Photobucket


Pembuatan Blog selesai
sekarang anda sudah memiliki blog dan bisa memulai untuk memposting pemikiran dan ide anda di blog yang tentunya bermanfaat juga bagi orang lain yang membaca postingan dari blog anda. memang masih ada beberapa hal yang harus anda lakukan, seperti pengaturan, tata letak, penambahan elemen, dan penggantian tema yang dapat membuat tampilan blog anda menjadi lebih menarik.
setidaknya saat ini anda sudah memiliki blog dan posting pemikiran anda. hal ini sudah cukup untuk tahap awal.

2 komentar:

Chickens123 mengatakan...

wawae.. pertamax

klick sambara mengatakan...

salam kenal gan....
saya newbie di sini...
mohon bimbingannya...xixixi...

Posting Komentar